Jakarta, KompasOtomotif — PT Astra Honda Motor (AHM)
berhasil menggeser sementara Yamaha dari takhta sport di pasar sepeda
motor nasional. Faktanya memang Honda berhasil menjual lebih banyak dari
rival abadinya, meski hanya terpaut sekitar 2.300 unit.
Dalam
keterangan resminya, AHM mengaku berhasil menjual 32.399 unit di segmen
sport, menikmati pangsa 46 persen. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor
Indonesia (AISI) mencatat Yamaha menempel ketat dengan 30.067 unit atau
menguasai 42,3 persen pangsa pasar. Sementara itu, total penjualan
sepeda motor sport (semua merek) pada bulan pertama 2014 tercatat 70.938
unit, turun 6 persen dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya
sebesar 75.418 unit.
"Ini adalah awal yang baik bagi bisnis kami
pada 2014, dengan berhasil memimpin segmen motor sport pada bulan
Januari. Kami berharap dapat berlanjut di bulan berikutnya," ungkap
Thomas Wijaya, Wakil GM Divisi Penjualan AHM, dalam keterangan resminya,
Rabu (12/2/2014).
Honda berhasil memperbesar penjualan di segmen
sport, dengan mengandalkan empat model di kelas 150 cc sebagai pasar
terbesar, yakni Verza 150, New MegaPro, CB150R StreetFire, dan CBR150.
Sementara itu, Yamaha hanya mengandalkan dua model di kelas ini, dengan
Byson dan V-Ixion.
Naik
Total penjualan
(semua model) Honda pada Januari 2014 juga cukup memuaskan dengan hasil
367.069 unit atau mendominasi 63,26 persen terhadap total pasar
nasional, yakni 580.288 unit. Dari segmen bebek, penjualan tercatat
59.023 unit (46,3 persen), sedangkan dominasi skutik makin tak
terbendung. Honda menguasai 72,2 persen pasar dengan 275.647 unit.
"Hasil positif di setiap segmen sepeda motor nasional merupakan wujud mimpi konsumen yang kami berikan," tutup Thomas.
Honda Geser Yamaha dari Takhta Sport
In
//
//
1 comment
hebatnya honda hahahaha..
BalasHapus