Kamis, 10 Juli 2014

Mencoba "Tukang Parkir" Pribadi Honda Odyssey [Bagian 2]

// // Leave a Comment
Bandung, KompasOtomotif - Selain punya teknologi memarkir kendaraan otomatis tanpa mengatur putaran setir, (smart parking assist system), Honda All-New Odyssey punya "tukang parkir" pribadi lain, cross traffic monitor. Gunanya mendeteksi kendaraan lain untuk mencegah tabrakan ketika hendak mundur dari area parkir. Tidak ada "ritual" khusus yang harus dilakukan, karena sudah diintegrasikan langsung ketika ingin keluar parkir dengan posisi mundur.
Caranya, cukup pindahkan tuas ke posisi mundur, secara otomatis monitor di dasbor tengah akan menampilkan kondisi area belakang mobil. Mundurkan mobil secara perlahan, dan ketika kamera di sudut bemper belakang mampu memantau kondisi sekitar, maka saat itulah informasi mulai diberikan. Pengemudi cukup memperhatikan kamera yang ada di monitor.
Peringatan
Ketika kamera dan sensor menangkap sinyal ada kendaraan lain yang mengarah ke mobil, maka akan muncul peringatan berupa suara. Di layar juga akan muncul panah kuning yang menunjukkan arah datangnya kendaraan lain tersebut. Jika peringatan tersebut muncul berarti pengemudi harus segera menginjak pedal rem, tentunya untuk menghindari tabrakan.
Saat area belakang sudah aman maka mundurkan kembali dengan perlahan dan tetap memperhatikan area sekitar. Jika ada kendaraan lain muncul maka akan ada lagi peringatan serupa. Hal tersebut terus berlangsung hingga, pengemudi bisa leluasa melihat ruang sekitar dan memindahkan tuas persnelling dari posisi mundur.

0 komentar:

Poskan Komentar