Sabtu, 19 Juli 2014

Meski Beri Kontribusi Signifikan, Tata Tidak Tergantung JLR

// // Leave a Comment
EW DELHI, KOMPAS.com  - Sejak diakuisisi Tata Motors pada 2008, Jaguar Land Rover (JLR) memberi kontribusi positif untuk perusahaan asal India tersebut.  Pada kuartal terakhir 2013, Tata Motors meraup keuntungan sebesar 771 juta dolar AS dan sebagian keuntungan itu disumbang dari peningkatan penjualan produk JLR.

Peningkatan penjualan JLR didongkrak peluncuran model baru Range Rover Sport dan Jaguar F-Type. Keuntungan meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu yang mencapai 1,01 miliar dollar AS.
“Memang benar JLR memberi kontribusi besar terhadap penghasilan Tata Motors. Namun, perusahaan kami tak tergantung semata pada JLR,” kata Ravi Pisharody, Direktur Kendaraan Komersial Tata Motors, saat ditemui Kompas.com di New Delhi, India, belum lama ini.

Tidak tergantungnya penghasilan Tata terhadap JLR karena perusahaan yang sudah berdiri sejak 1945 ini memiliki segmen pasar yang berbeda. “Kami memang mengakusisi JLR yang kemudian memberikan sumbangan signifikan. Namun, Tata dan JLR berada dalam segmen berbeda. JLR di kelas atas sementara Tata lebih fokus ke pasar menengah ke bawah,” tambahnya.

Sehingga, lanjut Pisharody, jika JLR dengan pendapatan yang cukup besar saat ini “dihilangkan” maka itu tidak akan mengganggu kelangsungan hidup Tata.
Tata Motors mengakuisisi JLR dari Ford pada 2008 di tengah krisis moneter global. Saat itu, manajemen Tata “hanya” membeli JLR dengan harga 2,3 miliar dolar AS.

0 komentar:

Poskan Komentar